berita

Tiga Anggota Ika Unair Sidoarjo Beri Pelatihan Kewirausahaan Kampung Unggul

Foto bersama Ika Unair Sidoarjo bersama peserta Pelatihan Kewirausahaan.

Sidoarjo – Program Kampung Unggul Ika Unair Sidoarjo terus bergulir. Alumni Universitas Airlangga menggelar Pelatihan Kewirausahaan kepada karang taruna maupun warga Desa Sepande. Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Minggu (7/2).

Kali ini, tiga narasumber sekaligus membawakan berbagai materi untuk meningkatkan kewirausahaan warga Desa Sepande.

Ice breaking untuk mengurangi kejenuhan peserta.

Narasumber pertama Chris Susanto membawakan materi Dasar-Dasar Kewirausahaan. Ia mengungkapkan bahwa jadi pengusaha atau wirausaha harus jatuh bangun.  Selain itu, wirausaha menghadapi banyak tantangan.

“Karakter wirausaha itu di antaranya punya kemauan dan tekad kuat. Berorientasi sebagai tim, memimpin, berani ambil risiko, dan berorientasi pada masa depan,” ungkap alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini.

Ia juga mengungkapkan risiko yang harus ditanggung seorang pengusaha. Di antaranya tidak ada kepastian pendapatan, gagal, jam kerja panjang, dan tanggung jawab semua lini. “Selain itu, kualitas hidup lebih rendah di awalnya,” imbuh pria berkacamata ini.

Sementara, Edwin Fiantiano membawakan materi Sales Marketing. Menurutnya, untuk berjualan apapun harus punya target. Oleh karena itu, penting bagi semua peserta untuk memelajari marketing.

“Peserta harus punya motivasi dan semangat juang. Selain itu, harus bisa mengidentifikasi produk yang gagal jual,” tukas dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ini.

Arif Gunawan ketika memberikan materi Bisnis Model Canvas.

Sedangkan Arif Gunawan memberikan materi Bisnis Model Canvas (BMC). Ayik, demikian panggilannya, juga menyelingi dengan tanya jawab pada peserta. Bahkan ia tak segan-segan bertanya balik.

Di sela-sela pemberian materi, alumnus FISIP Universitas Airlangga  ini juga memberikan ice breaking untuk mengurangi kejenuhan. Salah satunya dengan ice breaking Angin Berembus yang bisa membuat peserta gembira dan saling gojlok.

Kepala Desa Sepande Hadi Santoso mengatakan, pelatihan kewirausahaan ini penting bagi karang taruna maupun warganya. “Nanti kalau sudah berbuah, Anda semua bisa merasakan hasil pelatihan ini. Oleh karena itu, mengikuti pelatihan ini harus punya komitmen,” jelasnya.(zki)

Related posts

Lansia Sidoarjo Ikuti Vaksinasi Massal di SVB BUMN

IKA-UA-SDA

Baru Terbentuk, Ika Unair Sidoarjo Langsung Gelar Baksos

IKA-UA-SDA

PLN Peduli dan Ika Unair Sidoarjo Sebarkan Sembako dan APD

IKA-UA-SDA