berita

Pengurus Ika Unair Mengapresiasi Operasi Kemanusiaan RSTKA di Majene

Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA).

Surabaya – Para pengurus Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) menaruh apresiasi tinggi terhadap Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA).

Perhatian ini ditujukan kepada seluruh kru RSTKA yang saat ini tengah menjalankan operasi kemanusiaan di Majene, Sulawsi Barat. Seperti diketahui, Majene dan Mamuju menjadi daerah paling terdampak akibat gempa 6,2 Skala Richter yang melanda Sulawesi Barat, beberapa waktu lalu.

Hal ini terungkap saat digelar sesi berbagi via Zoom yang diadakan Ika Unair dan beberapa pengurus cabang lainnya, bersama para kru RSTKA yang dikomandani dr Agus Harianto, Sp.B, Rabu (27/1).

“Salut dan bangga dengan apa yang dilakukan oleh RSTKA,” ungkap Pj Ketua Ika Unair Akmal Budianto, dalam acara Zoom meeting tersebut.


Bantuan BBM dari Pertamina dalam Program BUMN Peduli untuk RSTK.

RSTKA membuka pelayanan di Pelabuhan Palipi di Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene. Sebelumnya, kapal ini berangkat dari Surabaya pada Sabtu (7/1) lalu. Sebelum sampai di Mamuju, kapal yang berbasis pinisi ini sempat mampir ke Pelabuhan Makassar untuk menambah logistik dan personel.

Selain memberikan layanan kesehatan kepada para pengungsi, kru RSTKA juga memiliki misi lainnya. Di antaranya melakukan kegiatan psikososial oleh tim dari alumni Fakultas Psikologi dan FISIP. Sasarannya adalah para pengungsi anak-anak.

Tim RSTKA juga menyalurkan bantuan makanan tambahan kepada pengungsi. Terutama untuk ibu-ibu dan anak-anak. Mereka juga mendirikan dapur umum  dan penyediaan air bersih yang didukung dari tim Fakultas Sains dan Teknologi.

Selain Pengurus Pusat Ika Unair dalam acara Zoom ini, hadir juga beberapa pengurus cabang. Seperti dari Sidoarjo, Lamongan, Malang, Madiun, dan sebagainya.(zki)

Related posts

Ika Unair Sidoarjo dan Natura Residences Adakan Aksi Sosial Donor Darah

IKA-UA-SDA

Di Seminar BEM PTMI, Baintelkam Polri Sampaikan Tak Semua Wilayah Papua Diganggu KKB

admin2020

Kapolres Gresik Dampingi Peninjauan Gubernur Jatim, Vaksinasi di Gresik Bisa Jadi Referensi Daerah Lain

admin2020