Kisah alumni

Ahmad Cholis Hamzah, Menulis untuk Keabadian

Nama Ahmad Cholis Hamzah cukup tersohor sebagai akademisi sekaligus professional di kota kelahirannya Surabaya. Lelaki kelahiran Surabaya, 13 Desember 1953 memperoleh gelar Drs.Ec dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga jurusan Umum (Studi Pembangunan) pada Januari tahun 1980 (masuk FE UNAIR tahun 1973) dan MSc dari University of London, Inggris tahun 1988 untuk bidang Agriculture Economics. Menempuh short course tentang International Banking di Sydney Australia pada tahun 1990; short course International Banking di Singapura tahun 1993. Short course di sekolah diplomatik Amerika Serikat – FSI (Foreign Service Institute) Washington DC, Amerika Serikat tahun 2000 dan 2002.

Pengalaman kerja berturut-turut bekerja di Depot Logistik (Dolog) Jawa Timur tahun 1981 dan menjabat sebagai Kepala Humas pada tahun 1985-1987; kemudian di Bank of Tokyo Jakarta tahun 1990-1992 sebagai Japanese Corporate Account Officer serta di Bank Belanda ABN-AMRO di Jakarta dan Surabaya pada tahun 1992-1995 sebagai Corporate Account Officer.  Setelah memperoleh pengalaman perbankan di Bank-Bank asing, Ahmad Cholis Hamzah bekerja di Kadin Jawa Timur sebagai Sekretaris Eksekutif tahun 1995 dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya pada tahun 1995 s/d 2015 sebagai Political and Economic Specialist.

Ahmad Cholis Hamzah memiliki pengalaman panjang di dunia pendidikan yaitu lebih dari 26 tahun (sampai sekarang) sebagai dosen senior di STIE Perbanas Surabaya dan STIESIA Surabaya; pernah mengajar pada tahun 1981 di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan Program Pasca Sarjana di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  dan Magister Manajemen UNAIR tahun 2000 an, dan pada Mata Kuliah yang dia ajarkan antara lain: Manajemen Strategik; Pemasaran Interrnasional; Bisiness Internasional; Manajemen Personalia; Komunikasi Bisnis dan Ekonomi Pembangunan, serta Manajemen Sumber Daya Insani (Prodi Ekonomi Islam).

Jabatan lain yang (pernah) dan sedang disandang antara lain sebagai Wakil Rektor Universitas Sunan Giri Surabaya tahun 2016-2019; Staf Khusus Rektor Universitas Airlangga bidang internasional 2018-sekarang, Penasihat Genus (Global Engagement Universitas Nahdlatul Ulama) Surabaya tahun 2019 – sekarang. Ketua Bidang Kajian Internasional dan Pengembangan Ekonomi Global Ikatan Alumni Universitas Airlangga tahun 2017-sekarang. Penasihat Ikatan Alumni Universitas Airlangga Sidoarjo tahun 2019-sekarang.

Pada Tahun 1982 Ahmad Cholis Hamzah mengikuti Program Pertukaran Pemuda ASEAN Jepang (Nippon Maru Program) sebagai wakil Propinsi Jawa Timur dan mengujungi Negara-negara ASEAN serta Tokyo dan Hiroshima di Jepang. Tahun 1985 Kantor Perdana Menteri Jepang (Prime Minister Office) mengundangnya untuk ikut program pertemuan pemuda internasional (International Youth Village) di Tokyo dan Chiba. Sampai sekarang Ahmad Cholis Hamzah menjadi penasihat pada PCMI Jawa Timur – atau Purna Caraka Muda Indonesia, sebuah organisasi para alumni pertukaran pemuda internasional.

Ahmad Cholis Hamzah aktif menulis di Koran Jawa Pos, Surya dan menulis rutin di blog nasional yang memiliki reputasi tinggi yaitu Good News From Indonesia (GNFI) (sekaligus menjadi senior authorized author di blog ini), beberapa tulisannya di muat/kutip di Koran Malaysia dan Thailand.

Related posts

Hidupnya Pernah Gagal dan Berantakan, Kini Jadi Orang Multitasking

IKA-UA-SDA

Kisah Inspiratif Dokter Puskesmas yang Juga Inovator

IKA-UA-SDA