berita

Ika Unair Sidoarjo dan Natura Residences Adakan Aksi Sosial Donor Darah

Donor plasma dan donor darah umum di Sekolah Nurul Hikmah, Natura Residences, Sidoarjo.

Sidoarjo – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Sidoarjo menggelar kegiatan donor plasma konvalesen dan donor darah umum. Kegiatan ini digelar di Sekolah Nurul Hikmah, Natura Residences, Jalan Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo, Sabtu, 27 Maret 2021.

Dalam kegiatan ini, Ika Unair Sidoarjo tidak sendiri. Namun menggandeng Natura Residences dan PMI Cabang Sidoarjo. Selain donor plasma dan donor darah umum, digelar pula beberapa talks show dan lomba-lomba lainnya.

“Kami ingin membantu pasien Covid-19 yang sedang membutuhkan plasma konvalesen maupun yang membutuhkan darah ketika sakit,” ungkap Ketua Panitia dr Berlian Aniek Herlina, di sela-sela acara.

Kegiatan ini juga untuk membantu menurunkan angka kematian akibat Covid-19. Selain itu, juga mempercepat penurunan kasus Covid-19 di Sidoarjo dan sekitarnya.

Menurut dokter Berlian, ditargetkan ada 150 pendonor, baik donor plasma maupun donor umum. Kegiatan ini juga merupakan implementasi pengabdikan masyarakat dari Ika Unair Sidoarjo dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Selain itu, kami ingin menjembatani orang-orang yang mendonorkan plasma atau darahnya. Mereka ini adalah pahlawan kesehatan karena membantu menyelamatkan jiwa sesama anak bangsa,” tukas Berlian.

Dia berharap kegiatan donor plasma dan donor darah ini bisa berkesinambungan. Pasalnya, Covid-19 masih belum diketahui kapan berakhirnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah  Ika Unair Jatim Prof Hendy Hendarto mengungkapkan, pihaknya salut atas kerja sama Ika Unair Sidoarjo dengan Natura Residences.

“Saya salut atas apa yang dilakukan Ika Unair Sidoarjo. Luar biasa acara ini sehingga bisa berjalan sukses,” ungkapnya.

Di sela-sela kegiatan kemanusiaan ini, juga digelar lomba-lomba dan beberapa talk show. Untuk hari Sabtu, 27 Maret 2021, diadakan Lomba Kolase Tingkat TK, Lomba Mewarnai Tingkat TK, Lomba Dongeng Tingkat TK, dan Lomba Keserasian Ibu dan Anak pada Sabtu dan Minggu, 27-28 Maret 2021.

Sedangkan tema talk show yang digelar Sabtu, 27 Maret 2021 adalah “Wujudkan Mimpi dengan Emas Bersama Pegadaian” oleh Nurhayanto S.Pd., M.Si, Deputi Bisnis Area Surabaya 2; “Cara Mengatasi Kulit Kering dan Treatment Anti Aging” oleh dr Erlina Krisdianita Novitasari, konsultan medis Azqiara Klinik; “Rumah Solusi UMKM Kadin Sidoarjo” oleh Dr Sigit Hermawan SE., M.Si., CIRaR, Wakil Ketua Kadin Sidoarjo Bidang Etika Usaha.

Untuk lomba hari Minggu, 28 Maret 2021, adalah Lomba Poster Tingkat SD, Lomba Dongeng Tingkat SD, Lomba Mewarnai Tingkat SD. Sedangkan talk show-nya adalah “Wujudkan Mimpi dengan Emas Bersama Pegadaian” oleh Nurhayanto S.Pd., M.Si, Deputi Bisnis Area Surabaya 2; dan “Tanaman di Lahan Terbatas” oleh Suyanto Asmara dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo.

Kemudian, talk show bertema “Menjaga Kesehatan Matan di Era Pandemi” oleh dr Danang Prasetya Kurniawan, Sp.M, spesialis mata Klinik Utama Mata JEC-Java Surabaya dan “Perilaku Kesehatan Era Covid bagi UKM” oleh Miming Merina S.Sos., SH., MM, ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Jawa Timur.(*)

Related posts

Memperkenalkan Ika Unair Sidoarjo dengan Cara Kreatif

IKA-UA-SDA

Sistem Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

IKA-UA-SDA

Himbauan dan pengamanan pemakaman dilakukan satgas covid-19

admin2020